Sunday, July 29, 2012

Cara mengolah daun cincau menjadi minuman cincau

Mengolah daun cincauMengetahui Cara Membuat Cincau sangat pas dibulan puasa ini terutama untuk menghidangkan minuman menyegarkan asli ketika waktu berbuka puasa tiba. Bagaimana cara mengolah daun cincau menjadi minuman cincau yang menyegarkan? ikuti tulisan ini sampai selesai.

Pernahkah sahabat berfikir untuk membuat minuman cincau dengan tangan Anda sendiri? Saya masih ingat dulu orang tua saya pernah menanam tanaman cincau ini. tapi saya tidak ingat bagaimana mengolahnya menjadi minuman yang menyegarkan.

Karena saya penasaran saya mencoba cari tahu di internet bagaimana mengolahnya dan setelah saya tahu saya ceritakan kepada anda bagaimana mengolah daun cincau kering itu menjadi minuman yang menyegarkan. baik untuk diminum disiang hari ataupun diminum ketika berbuka puasa seperti saat ini.

Cincau hijau memiliki beberapa khasiat. Tanaman yang bernama latin Cyclea barbata telah diteliti mengandung karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida dan lemak. Kalsium, fosfor, vitamin A dan B juga ditemukan dalam daun cincau hijau. Beberapa khasiat daun cincau hijau adalah untuk menghilangkan panas perut, menurunkan tekanan darah tinggi, disentri dan sariawan.

Cara membuat cincau dari daun cincau:
  1. Alat dan Bahan:
  2. 20 lembar daun cincau hijau
  3. 600 ml air (sekitar 3 gelas)
  4. saringan
  5. 2 wadah yang cukup untuk menampung 600 ml air
Langkah Pengerjaan:
  1. Cuci bersih daun cincau hijau
  2. Masukkan 300 ml air ke dalam wadah pertama
  3. Masukkan daun 10 lembar, remas-remas di dalam air sampai daun layu dan beserpih. Air akan berubah warna menjadi hijau tua dan sedikit kental
  4. Masukkan sisa air dan10 lembar sisa daun lalu remas-remas kembali
  5. Segera saring dengan saringan ke wadah kedua
  6. Biarkan selama 3 jam, atau masukkan ke dalam kulkas.

Trada! Jadilah cincau hijau yang menyehatkan.

Cincau hijau bisa dijadikan topping untuk jus maupun dikonsumsi dengan menambahkan susu kental manis, santan, dan gula merah.

Saya rasa akan sangat pas bila cincau ini disiapkan untuk berbuka puasa kali ini. wah  yang jelas mak nyuss.

No comments:

Powered by Blogger