Thursday, June 6, 2019

Inilah Niat Shalat Idul Fitri 1433H

Inilah Niat dan Tata Cara Shalat Idul Fitri 1433H. Bulan puasa hampir selesai. itu tandanya kita akan memasuki hari kemenangan.
Sebulan penuh kita telah menjalani Ibadah Puasa, kini tibalah saatnya kita menuju kemenangan.

Dihari lebaran kita selalu mengawali dengan Shalat Idul Fitri. Shalat Idul fitri tidak seperti shalat kebanyakan, karena itu kita harus tahu bagaimana niat dan tata cara Shalat Idul fitri.

Niat Shalat Idul Fitri
Inilah Niat Shalat Idul Fitri 1433H


Arti Niat Shalat Idul Fitri “Aku niat shalat idul fitri dua rakaat (imam/makmum) karena Allah Ta'ala.”

Tata Cara Shalat Idul Fitri

Shalat Id (Idul Fitri) dilakukan 2 rakaat. Prinsipnya sama dengan shalat-shalat yang lain. Namun, ada sedikit perbedaan yaitu dengan ditambahnya takbir pada rakaat yang pertama 7 kali, dan pada rakaat yang kedua tambah 5 kali takbir selain takbiratul intiqal.

Bacaan Setiap Selesai Takbir “Subhaanallaah wal hamdulillaahi wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar.”

Arti Bacaan Setiap Selesai Takbir “Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah dan tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah itu Maha Besar.”


Takbir tambahan pada rakaat pertama dan kedua itu tanpa takbir ruku', yaitu merupakan takbir tambahan selain takbir yang sering dilakukan pada shalat lainnya. Sebagaimana dijelaskan oleh 'Aisyah dalam riwayatnya: "Dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah bertakbir para (shalat) Fitri dan Adha 7 kali dan 5 kali selain 2 takbir ruku'." Adapun bacaan surat pada 2 rakaat tersebut, semua surat yang ada boleh dan sah untuk dibaca.

Selamat menunaikan shalat idul fitri. baca juga niat sholat lima waktu (Maktubah)

No comments:

Powered by Blogger